Sekilas Tentang

Pura Gelap Besakih

Pura Gelap merupakan salah satu dari 18 pura yang termasuk kompleks Pura Agung Besakih. Lokasi pura ini berada di sebuah bukit yang dapat dicapai melalui jalan setapak. Jarak antara Pura Gelap dengan Pura Penataran Agung Besakih kurang lebih 350 meter.

Kata “Gelap” artinya petir, atau kilap dan keduanya memiliki arti “Sinar”. Dalam bahasa Kawi yaitu “Klap” yang berarti kelap-kelip bercahaya dan bersinar. Selalu membuka kegelapan dalam diri, menemukan titik terang dan bukan “Gelap” yang diartikan dalam bahasa Indonesia.

Pura Gelap adalah bagian dari Pura Catur Loka Pala yang posisinya di sebelah Timur, merupakan Kahyangan Dewa Iswara. Pura ini adalah tempat pemujaan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Iswara atau Dewanya sinar (cerah, cemerlang), pelindung arah timur alam semesta (Bhuwana Agung).

Pura Catur Loka Pala adalah Pura penguasa empat penjuru mata angin yang mengitari Pelinggih Padmasana Tiga Pura Penataran Agung Besakih. Keempat Pura tersebut meliputi Pura Gelap (Timur, Sadyojata, atau Iswara), Pura Kiduling Kerteg (Selatan, Bamadewa atau Brahma), Pura Ulun Kulkul (Barat, Tatpurusa atau Mahadewa) dan Pura Batu Madeg (Utara, Aghora, atau Wisnu). Kemudian di tengah-tengahnya terdapat Pura Penataran Agung Besakih yang terdiri atas tujuh Mandala atau tujuh lapisan alam atas (Sapta Loka).

Pura Gelap ini menjadi pusat meditasi umat Hindu yang berkehendak membangkitkan sinar suci yang bersemayam dalam dirinya. Pura Gelap tidak hanya menjadi tempat meditasi para pandita (orang suci Hindu), tetapi juga sebagai tempat meditasi umat Hindu (masyarakat) yang ingin mengembangkan jiwa kepemimpinannya secara baik dan benar, bersembahyang memohon kedamain pikiran dan kesejahteraan hidup. Sesuai dengan makna pengacinya yang disebut Aci Pengenteg Jagat.

Piodalan di Pura Gelap berlangsung setiap 6 bulan sekali bertepatan dengan hari Soma Kliwon Wariga dan Aci Pengenteg Jagat setiap 1 tahun sekali yaitu pada Purnama Sasih Karo.Pada waktu karya/piodalan digelar, semua pengangge (wastra) di pelinggih Pura ini berwama serba putih. Sesuai dengan makna dan simbol warna dari posisi pura Gelap tersebut (arah timur).